Kala Awardee PBSB Bantu Sukses Seleksi Program Beasiswa Santri 2024

Jakarta (Kemenag) --- Tahap akhir seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 diikuti 1.876 peserta. Mereka harus mengikuti tahap wawancara untuk bisa mengisi 1.046 kuota beasiswa yang tersedia.

Tahap wawancara dilakukan secara online 28 - 31 Juli 2024, untuk menjangkau peserta dari berbagai pesantren di Indonesia. Pelaksanaannya dibantu para awardee yang tergabung dalam Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSS MORA). Mereka membantu sebagai petugas teknis dalam proses wawancara.

Mahasantri yang tergabung dalam CSS MORA ini adalah para penerima PBSB Kemenag dari berbagai Perguruan Tinggi Mitra. Mereka datang dari berbagai daerah untuk berkontribusi dalam proses seleksi PBSB.

Di antara mereka, Wildan dan Mailinda, mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan UIN Sunan Ampel Surabaya, melakukan perjalanan jauh dari Surabaya ke Jakarta. “Perjalanan dari Surabaya memang cukup melelahkan, tapi semangat untuk membantu seleksi PBSB membuat semuanya terasa ringan,” ujar Mailinda.

Selain Wildan dan Mailinda, mahasantri dari Jabodetabek seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) juga turut serta dalam mensukseskan seleksi ini. "Kami merasa terhormat dapat terlibat dalam seleksi PBSB. Ini adalah wujud nyata kontribusi kami sebagai mahasantri," ungkap para mahasantri PBSB yang menjadi petugas seleksi di Jakarta, Minggu (28/7/2024).

Para mahasantri ini berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Mitra, di antaranya:

- Institut Pertanian Bogor

- UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

- Universitas Negeri Jakarta

- Universitas Indonesia

- Institut Teknologi Sepuluh Nopember

- Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

- Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

- UIN Sunan Gunung Djati Bandung

- UIN Sunan Ampel Surabaya

- Universitas Islam Malang

- Universitas Islam Nusantara

- UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta​​​​​​​

Para awardee ini berkumpul di Wisma Haji Jakarta dengan tujuan yang sama: mempersiapkan dan membantu proses seleksi PBSB berjalan lancar dan sukses. Mereka bekerja sama dalam mengelola zoom wawancara, memastikan koneksi internet stabil, berkoordinasi dengan penguji, dan membantu peserta dalam mengatasi kendala teknis.

Harapan besar turut menyertai usaha para calon awardee PBSB. Mereka berharap proses seleksi ini dapat menemukan santri-santri terbaik yang layak mendapatkan beasiswa PBSB. "Kami berkomitmen untuk menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Semoga seleksi ini berjalan lancar dan para peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka," ujar Syifa, Alumni PBSB Institut Pertanian Bogor.

“Biasanya ada juga santri yang kesulitan masuk ke zoom, jadi kita bantu arahin. Pas tes ada juga yang terkendala koneksi karena sinyal internet yang kurang bagus, akhirnya kita bantu dan fasilitasi mereka biar mengikuti keseluruhan tes dengan lancar dan tanpa gangguan,” ucap Anggi, mahasantri Universitas Indonesia.

Ada juga petugas yang merasa flashback lagi dengan masa-masa seleksi, “Saya jadi flashback pas lihat mereka, ingat tahun lalu lagi berjuang untuk jadi awardee juga, moga teman-teman pendaftar bisa dapat hasil yang maksimal, amin,” ujar Bulqini, mahasantri Magister PBSB UNUSIA.

Dukungan penuh dari para awardee PBSB ini menunjukkan semangat untuk memberikan kontribusi dalam mensukseskan seleksi wawancara PBSB 2024.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)